SISTEM OPERASI
Sistem operasi
1) Aplikasi SCMT
Gambar Aplikasi SCMT
ANALISIS SISTEM APLIKASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TELKOM (SCMT) UNTUK TEKNISI DI PT TELKOM.
Sistem Aplikasi adalah sub kelas dari perangkat lunak (software) yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. PT Telkom juga menyediakan pengadaan bahan dan pelayanan untuk pemasangan perangkat jaringan internet. Pengembangan sistem aplikasi pengecekan aktivasi pemasangan barang material ke pelanggan dan dapat membantu admin dalam melakukan proses pengecekan aktivasi pemasangan barang material ke pelanggan. Pengembangan aplikasi SCMT ini telah berhasil melakukan pengecekan aktivasi pemasangan barang material ke pelanggan. Dengan begitu admin dapat melihat aktivasi pemasangan barang material ke pelangan. Pengembangan aplikasai SCMT ini di buat menggunakan DFD untuk membantu memahami sistem aplikasi, serta pengembangan aplikasi ini menggunakan ERD untuk menentukan relasi antar tabel.
2) Aplikasi SAP
Gambar Aplikasi SAP
SAP adalah perangkat lunak yang biasa digunakan dalam kepentingan bisnis atau perusahaan. Sebenarnya, SAP adalah nama perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Walldorf, Jerman. Sistem aplikasi yang diciptakan perusahaan ini yang membuat perusahaan ini dikenal sebagai produsen perangkat lunak terkemuka di dunia untuk pengelolaan proses bisnis.
SAP adalah aplikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan besar di Indonesia. Ini membuat kemampuan SAP adalah bagian penting bagi orang IT. SAP adalah sistem yang mempermudah operasional data baik itu manajemen hingga fungsi bisnis lainnya. SAP adalah perangkat lunak yang sangat membantu perusahaan mengelola proses bisnis yang kompleks. SAP adalah sistem yang mengembangkan solusi yang memfasilitasi pemrosesan data dan aliran informasi yang efektif di seluruh organisasi.
A. Cara Kerja SAP
SAP mengumpulkan dan memproses data dari semua fungsi dalam bisnis di satu platform. SAP sangat penting untuk banyak bisnis karena memungkinkan setiap departemen untuk berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Keberhasilan setiap organisasi bergantung pada komunikasi dan pertukaran data yang efektif antara fungsinya, dan SAP adalah cara yang efektif untuk mendukung upaya tersebut.
Model bisnis tradisional sering kali mendesentralisasikan manajemen data, dengan setiap fungsi bisnis menyimpan data operasionalnya sendiri dalam database terpisah. Hal ini menyulitkan karyawan dari fungsi bisnis yang berbeda untuk mengakses informasi satu sama lain. Selain itu, duplikasi data di beberapa departemen meningkatkan biaya penyimpanan TI dan risiko kesalahan dataDengan memusatkan manajemen data, perangkat lunak SAP menyediakan beberapa fungsi bisnis dengan satu pandangan kebenaran. Ini membantu perusahaan mengelola proses bisnis yang kompleks dengan lebih baik dengan memberikan akses mudah kepada karyawan dari berbagai departemen ke wawasan waktu nyata di seluruh perusahaan. Hasilnya, bisnis dapat mempercepat alur kerja, meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, meningkatkan pengalaman pelanggan dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan.
B. Manfaat Menggunakan SAP
1) Manajemen Data yang Efisien
Salah satu fitur terpenting dari sistem SAP ERP secara efisien mengatur data. Untuk organisasi mana pun, menyimpan semua data di lokasi tertentu lebih dari penting sehingga dapat diakses dengan mudah dan siap digunakan. SAP mengumpulkan semua data di satu tempat dan mengatur data yang tersebar dengan sangat baik.
2) Meningkatkan Efisiensi Bisnis
SAP telah memperkenalkan cara yang lebih canggih dan lebih cerdas untuk mengumpulkan sejumlah besar data dan mengisi database secara efisien. SAP tidak hanya merampingkan operasi bisnis, tetapi juga memperkenalkan efisiensi yang lebih baik di seluruh operasi bisnis.
a) Keamanan data yang ditingkatkan
Keamanan data adalah salah satu fitur perangkat lunak SAP yang paling penting. Sistem meningkatkan kualitas dan akurasi data serta memberikan perlindungan data yang lebih baik melalui firewall dan sistem keamanan internal.
b) Opsi yang dibuat khusus
Karena kebutuhan setiap bisnis berbeda, masing-masing mendapatkan sistem yang disesuaikan. Ini mempertimbangkan kebutuhan operasional dan departemen. Sistem ERP sederhana, fleksibel, dan serbaguna. Itu menandakan mudah bagi setiap pekerja untuk menggunakannya. Ini dapat disesuaikan karena ada berbagai modul sistem untuk berbagai divisi. Misalnya, penjualan dan juga sirkulasi, administrasi barang, uang, serta modul manajemen karyawan.
c) Penerapan SAP Perusahaan
1) Manajemen gudang
SAP melengkapi manajer gudang dengan semua yang mereka butuhkan untuk mengelola gudang yang sukses. Beberapa kapabilitas manajemen gudang yang diperluas di antaranya adalah manajemen pemrosesan, produksi, penyimpanan, fitur dan operasi.
2) Pengelolaan hubungan pelanggan
SAP menyediakan sistem manajemen hubungan pelanggan yang memungkinkan profesional CRM untuk mengotomatiskan dan mengintegrasikan setiap aktivitas pelanggan, termasuk penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan perdagangan. Fungsi SAP dalam pengelolaan hubungan pelanggan adalah CRM Penjualan, pemasaran, layanan, dan perdagangan.
3) Manajemen keuangan dan akuntansi
SAP menyediakan rangkaian lengkap manajemen keuangan dan sistem akuntansi yang memberi perusahaan alat yang mereka butuhkan untuk melacak keuangan mereka. Sistem manajemen keuangan meliputi perencanaan dan analisis keuangan, akuntansi dan manajemen pajak, perbendaharaan dan pengelolaan kas, serta utang piutang.
3) Aplikasi NTE
Gambar WEB NTE
Dalam protocol TCP/IP untuk layanan IndiHome secara fungsi umum perangkat networking adalah sebagai berikut:
ONT dalam teknologi GPON merupakan pasangan dengan OLT. Dalam NTE IndiHome ONT merupakan perangkat yang memiliki fungsi internet sebagai Switch / Bridge (Usee TV), Router / Bridge (internet) dan Gateway (Voice).
Hub bekerja pada layer 1 OSI Physical (Layer 1 OSI) berfungsi untuk interkoneksi perangkat-perangkat pada LAN dan juga sebagai repeater.
Switch / Bridge bekerja sampai layer 2 OSI Data Link (layer 1 dan 2) berfungsi sebagai switching dan interkoneksi perangkat-perangkat pada LAN.
Router bekerja sampai layer 3 Network (layer 1, 2 dan 3)berfungsi mengkoneksikan network-network yang beerbeda (internwtworking).
Gateway bekerja dari layer 1 sampai 7. Perangkat gateway berfungsi untuk mengkomunikasika perangkat networking dengan standard protocol yang berbeda. Misalnya pelanggan Voice pada perangkat Sentrai Telepon PSTN dikomunikasikan dengan pelanggan Voice di IMS, maka perlu perngkat gateway untuk menginterkoneksikan layanan voice pada PSTN dan IMS.
Perangkat WI-FI (embedded dalam ONT) untuk melayani perangkat yang ada dalam LAN (PC dan Gedgetmenggunakan wireless).
PC dan server bekerja dari layer 1 sampai 7. PC merupaakan perangkat Client dan server untuk Web Server dan Server Aplikasi lainnya.
4) Aplikasi Alista
Gambar Aplikasi ALISTA
ALISTA (Application of Logistic and Supply Telkom Akses) merupakan aplikasi Warehouse Management System (WMS) yang dikembangkan sendiri oleh Telkom Akses; mencakup fungsi:
1) Inbound: purchases, assembly, transfer, serta outside processing;
2) Internal Process: pick, pack, inspection, count, assembly, storage, move, replenish.
3) Outbound process: customer shipments, vendor returns, transfer, dan outside processing.
5) RACCOON
STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DOCUMENT
Gambat Aplikasi Raccon
Raccoon bertindak sebagai realtime asset tracking dengan cara memantau baik semenjak asset diserahkan oleh pelanggan hingga pada saat berita acara serah terima baik Berita Acara Internal maupun Berita Acara pelanggan berhasil diterbitkan.
Alamat Aplikasi
Untuk mengakses “RACCON” dapat dilakukan melalui:
http://180.250.19.79/raccoon/Webmanage 3.2.
Halaman Awal Aplikasi Setelah berhasil mengakses link URL yang diberikan, user akan dihadapkan untuk melakukan login terlebih dahulu sebagai syarat security yang diperlukan serta sebagai pen-define untuk role yang dimiliki dari user yang bersangkutan, terdapat tiga jenis user yang dapat melakukan login dimana ketiganya dibedakan hak aksesnya dengan menggunakan username dan password yang berbeda antara satu role dengan role lainnya, pembagiaan ketiga role tersebut antara lain : a. Petugas Plasa b. Petugas SO c. Petugas Gudang / WH RC.
Komentar
Posting Komentar